Isnin, 1 Julai 2013

Jom Kenali Potensi Diri

Kenali diri sendiri
Tips yang pertama dengan mengenali diri sendiri, dengan begitu kita akan tahu potensi yang terpendam didalam diri kita, ada beberapa cara untuk bisa mnegenali diri sendiri diantaranya Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat kamu bahagia; apa yang kamu inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan kamu; dan apa aja kelemahan kamu. Kemudian jawablah pertanyaan tersebut secara jujur dan objektif. kamu bisa meminta bantuan kepada keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan kamu.
Tentukan tujuan hidup 
Tips yang kedua yaitu menentukan tujuan hidup kamu baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi yang kamu miliki. Dalam menentukan tujuan hidup setinggi-tingginya asalkan dibarengi semangat untuk bisa mewujudkannya.
Kenali motivasi hidup 
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba deh kenali apa motivasi hidup kamu, apa yang bisa melecut semangat kamu untuk bisa menghasilkan karya terbaik dan sebagainya. Sehingga kamu punya kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik, baik untuk kamu sendiri, keluarga, maupun lingkungan sekitar.
Hilangkan negative thinking 
Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah kamu dalam mencapai tujuan. Setiap kali kamu menghadapi hambatan, coba untuk tidak menyalahkan orang lain. Lebih baik kamu mengevaluasi lagi langkah kamu mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki.Terus kamu melangkah lagi setelah menemukan langkah yang pas.
Jangan mengadili diri sendiri
Tips yang terakhir ini yang sulit kita hindari, Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan kamu, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini cuma akan membuang waktu dan energi. kamu harus bisa bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan